Sabtu, 24 Desember 2011

Suaka Marga Satwa Pulau Bawean

Dasar Penetapan dan Luas

Kawasan Hutan Pulau Bawean di tetapkan sebagai Suaka Marga Satwa Pulau Bawean dengan surat keputusan Menteri Pertanian No. 762/Kpts/Um/12/1979, tanggal 5 Desember 1979 seluas 3.813,6 Ha.
Letak Lokasi

Kawasan ini terletak di dua Kecamatan , yaitu Kecamatan Tambak dan Kecamatan Sangkapura Kabupaten Daerah Tingkat II Gresik.

Cara Mencapai Lokasi


Untuk mencapai lokasi kawasan ini dari Ibukota Propinsi (Surabaya) dapat di tempuh melalui route sebagai berikut:

Surabaya - Gresik (mobil/bus/ 30 km) - Sangkapura (kapal laut/ 80 mil laut) - Kawasan Suaka Marga Satwa (mobil/ 3 km).
Potensi
Tipe Ekosistem

Kawasan Suaka Marga Satwa Pulau Bawean memiliki tipe ekosistem Hutan Tropis dataran rendah yang dapat dikelompokkan menjadi hutan primer, hutan sekunder dan hutan tanaman jati.
Flora dan Fauna

Flora di kawasn Suaka Marga Satwa pulau Bawean meliputi jenis Sape (Symplocos denophylla), Pangopa (Eugenia lepidocarpa), Antidesma montana, psykhotria sp, Gondang (Ficus Variegata), Kayu tutup (Macaranga Tamarius).


Fauna di kawasan Suaka Marga Satwa Pulau Bawean antara lain Rusa Bawean (Axis kuhlii), Babi hutan (Sus sp), Landak (Hystric brachyura javanica), Kera ekor panjang(Macaca Fascicularis), Kaluang (Pteropus alecto), Burung pergai (Fregata minor), Burung Walet (Collocalia fueiphagus), Ayam Hutan (Galus sp), Biawak (Varanus salvator), Ular Phyton Ular Pohon dan Bungarus Candidus.
Panorama

Ekosistem hutan pegunungan yang terdapat dipuncak gunung Besar dan Gunung Tinggi yang pohon-pohonnya di hiasi dengan lumut serta dibebani jenis epihyt dan beberapa anggrek, tampak begitu indah. Juga panorama yang begitu indah dilihat dari gunung Barakas, adanya air terjun kecil dan jurang yang dapat dilihat dari gunung Bajapati.

Keunikan/Kekhasan

Keunikan/kekhasan Suaka Margasatwa Pulau Bawean terletak pada satwanya yakni Rusa Bawean (Axis kuhlii), satwa ini bersifat endemik dan hanya terdapat di Pulau Bawean.
Atraksi

Atraksi yang menarik di suaka Margasatwa Pulau Bawean adalah melihat satwa di alam bebas khususnya Rusa Bawean melalui menara mengintai, serta menikmati panorama keindahan alam pegunungan.
Fasilitas

Fasilitas yang tersedia berupa menara pengintai, Grazing ground dan Shelter.


Sumber :
http://www.dephut.go.id/informasi/propinsi/jatim/margasatwa_bawean.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar